Wisata MRT Jakarta: Fakta Terbaru 2020

2 min read

Wisata mrt jakarta memiliki beberapa fakta terbaru 2020

Pernah dengar kan tentang wisata MRT jakarta? Yaps, moda transportasi ini sudah menjadi ikon wisata DKI Jakarta dan Indonesia. MRT Jakarta sendiri sudah menjadi dambaan sejak dahulu kala, namun Jakarta baru memiliki MRT pada awal tahun 2019. Fakta wisata MRT Jakarta terbaru 2020 ini bisa bikin kamu semua terheran-heran.

Jika kamu sedang jalan-jalan ke Jakarta atau sudah menetap lama pastinya akan disuguhi bangunan-bangunan tinggi pencakar langit. Namun, saat ini ada MRT Jakarta, yang faktanya menjadi sebuah moda transportasi yang seperti tempat wisata, bahkan hingga saat ini.

Mengenal MRT Jakarta

MRT Jakarta merupakan mega proyek transportasi massal yang sudah lama dirintis sejak tahun 1985 dan baru benar-benar bisa beroperasi di tahun 2019. Hal inilah yang membuat banyak orang seantero negeri ingin merasakan dan mencoba menikmati perjalanan menggunakan MRT.

Selain untuk objek wisata, MRT Jakarta memiliki tujuan utama yaitu untuk mengatasi kemacetan di ibukota yang sudah lama mendarah daging. Dengan adanya MRT, pemerintah berharap banyak masyarakat beralih menggunakan kendaraan transportasi umum daripada kendaraan pribadi yang membuat kemacetan.

Fakta Wisata MRT Jakarta Terbaru 2020

Lantas apa saja fakta wisata MRT Jakarta terbaru 2020 lainnya? Ok mari simak bersama ulasannya dibawah ini.

1. Beroperasi Minggu Terakhir Maret 2019

Salah satu fakta wisata mrt jakarta terbaru 2020 adalah kita bisa melihat pemandangan jakarta dari atas.
Penampakan Jalur layang MRT Jakarta dari atas. (via inews.id)

Setelah melewati proyek yang sangat panjang, akhirnya proyek ini rampung dan sudah bisa beroperasi bulan maret 2019.

2. Melewati 13 Stasiun

MRT Jakarta menyediakan rute yang panjang. Pada fase 1 ini kamu dapat menggunakan mode transportasi ini dengan rute 13 stasiun yang akan dilewati. Sebanyak 7 stasiun berada di atas (elevated) sepanjang 10 KM sedangkan 6 stasiun berada di bawah tanah sepanjang 6 KM.

Untuk stasiun yang dilewati diantaraya Stasiun Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Sementara untuk underground muali dari Stasiun Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran HI.

3. Tarif di Bawah Rp 12 Ribu

Bagi kamu yang ingin merasakan wisata MRT Jakarta bisa mendapatkan tiket dengan mudah, cepat dan murah
Tiket wisata MRT Jakarta cepat dan murah. (via cermati.com)

MRT Jakarta sebelumnya memiliki tarif yang dirasa cukup tinggi oleh sebagian orang. Sehingga banyak yang memutuskan untuk naik kereta biasa atau kendaraan darat. Namun Presiden Joko Widodo telah menyebut kisaran untuk MRT tidaklah terlalu mahal dan kamu dapat merasakan perjalanan dengan waktu yang cepat.

Kamu dapat membayarnya dengan tarif sepanjang Lebak Bukan Bundaran HI berkisar antara Rp 8.000-9.000 dan perhitungan konsultan MRT Jakarta untuk tarif per 10 km Rp 8.500. Tarif ini belum final karena memerlukan persetujuan dari pemerintah. Pasalnya tarif tersebut disubsidi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jika tanpa subsidi tarifnya bisa jadi kisaran Rp 20.000-25.000 per 10 km. Semoga saja tidak mahal jadi kamu bisa merasakan wisata MRT jakarta di tahun 2020.

4. Beroperasi 20 Jam

MRT Jakarta yang akan menjadi mode transportasi alternatif  ini akan beroperasi hingga 20 jam. Dibuka mulai pukul 05.00 WIB dan ditutup pukul 24.00 WIB. Jadi untuk kamu yang bekerja dan pulang malam masih bisa menggunakan mode transportasi MRT ini.

5. Melayani 130.000 Penumpang Setiap Hari

Gak bakal rugi deh menikmati wisata mrt jakarta soalnya stasiun mrt jakarta bersih banget.
Suasana stasiun MRT Jakarta yang bersih banget. (via idntimes.com)

Berdasarkan survei dari PT MRT Jakarta, transportasi ini diperkirakan akan melayani penumpang 130.000 setiap harinya. Survei yang menyasar sekitar 10.000 responden itu mengatakan 65 persen siap pindah ke MRT Jakarta, 5,7 persen tidak mau, dan sisanya masih ragu.

Kesimpulan

Dari fakta wisata MRT Jakarta terbaru 2020 diatas, pemerintah harus merilis dan membiarkan masyarakat untuk merasakan langsung kegunaannya. Hal ini bertujuan agar mereka mengetahui kelebihan MRT dan bagaimana nyamannya menggunakan MRT agar dapat meninggalkan mobil atau kendaraan pribadi untuk sehari-hari. Selamat mencoba MRT Jakarta!

Bagi Anda yang memiliki usaha travel maupun tempat wisata, mau bisnismu diulas oleh mengulas.com dan para blogger lainnya di Google seperti MRT Jakarta ini? Langsung saja isi form yang ada di Mengulas For Business.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *