5 Tips Memilih Skincare untuk Menghilangkan Jerawat

1 min read

menghilangkan jerawat

Salah satu cara menghilangkan jerawat adalah menggunakan skincare. Apa itu skincare? Skincare adalah serangkaian produk perawatan kulit yang dapat merawat kesehatan dan kecantikan kulit termasuk masalah jerawat. Saat ini sudah banyak jenis skincare untuk jerawat yang bisa kamu coba. Sayangnya, tidak semua skincare cocok dengan jenis kulitmu. Bahkan saat ini masih ada skincare palsu dan skincare yang mengandung bahan kimia yang masih beredar. Jadi, kamu harus hati-hati dalam memilih produk skincare. Bukannya jerawat hilang, justru semakin banyak jerawat yang tumbuh dan muncul efek samping lainnya. Bahaya bukan? Maka dari itu, lakukan tips memilih skincare yang benar. Berikut ini tips memilih skincare untuk menghilangkan jerawat dari dokter spesialis kulit dan kelamin Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) bernama dr. Medhi Denisa Alinda.

Tips Memilih Skincare untuk Menghilangkan Jerawat

1. Jangan Terbujuk Iklan Skincare

menghilangkan jerawat

Iklan skincare menghilangkan jerawat dengan waktu cepat itu tidak benar adanya dan justru beresiko menggunakan bahan kimia. Hasil skincare biasanya akan muncul setelah 1-2 bulan pemakaian. Selain itu, perlu konsistensi karena semua membutuhkan proses dan usaha. Intinya, jangan terbujuk dengan iklan skincare yang menjanjikan jerawat hilang secara instan dalam waktu singkat.

2. Skincare Terdaftar BPOM

menghilangkan jerawat

Apa itu BPOM? BPOM adalah singkatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Semua produk skincare di Indonesia wajib terdaftar dan tercatat di BPOM. Cara cek skincare sudah BPOM atau belum sangat mudah. Silahkan kunjungi laman resmi BPOM cekbpom.pom.go.id. Dengan melakukan pengecekan, kamu bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

3. Cek Komposisi Bahan Skincare

menghilangkan jerawat

Perhatikan komposisi bahan skincare pada kemasan skincare agar terhindar dari reaksi alergi. Jika kulitmu termasuk jenis kulit berminyak, sebaiknya hindari produk skincare yang oily. Disarankan untuk menggunakan skincare gel untuk jenis kulit berminyak ini. Sedangkan untuk kamu yang punya kulit kering, hindari skincare yang mengandung alkohol dan untuk kulit sensitif  hindari skincare yang mengandung alkohol maupun pewangi.

4. Skincare Sesuai Jenis Kulit

menghilangkan jerawat

Pastikan skincare yang kamU beli sesuai dengan jenis kulitmu ya. Ada 5 jenis kulit yang bisa ditemukan di masyarakat saat ini yaitu jenis kulit normal, jenis kulit kering, jenis kulit berminyak, jenis kulit kombinasi dan jenis kulit sensitif. Untuk mengetahui jenis kulitmu, kamu bisa datang ke dokter kulit. Jika kamu belum tahu tipe kulit yang dimiliki akan sulit menentukan skincare yang tepat nantinya.

5. Pilih Skincare yang Mengandung Sunscreen atau Sunblock

menghilangkan jerawat

Kandungan suncreen atau sunblock sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar UV (UVA, UVB, dan UVC). Apa bahayanya sinar UV? Sinar UV bisa menyebabkan penuaan dini. Seperti yang diketahui, Iklim di Indonesia termasuk iklim tropis dimana intensitas cahaya matahari cukup banyak. Jadi, kamu harus hati-hati apalagi jika memiliki masalah jerawat. Pastikan kondisi kulit sehat dan terawat dengan baik dengan menggunakan skincare yang mengandung suncreen atau sunblock.

Itulah beberapa tips memilih skincare untuk menghilangkan jerawat langsung dari dokter. Agar lebih aman, kamu bisa membawa skincare yang akan kamu gunakan ke dokter kulit, apakah skincare tersebut aman atau tidak. Dan lakukan konsultasi mengenai jenis kulit yang Anda miliki apakah cocok dengan skincare yang akan kamu gunakan. Dengan begitu, kamu jadi lebih aman dan nyaman melakukan perawatan kulit untuk menghilangkan jerawat. Semoga bermanfaat ya dan sehat selalu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *