Pekerjaan IT Adalah: Pengertian dan Jenis Pekerjaan IT yang Paling Dicari

1 min read

Pekerjaan IT Adalah Pengertian dan Jenis Pekerjaan IT yang Paling Dicari

Sebenarnya apa itu pekerjaan IT? Pekerjaan IT adalah bidang pekerjaan yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem jaringan informasi dan teknologi perusahaan. Selain itu, pekerja IT juga memiliki tugas dalam meningkatkan dan evaluasi terhadap objek komputer, instalasi, dan software perusahaan. Singkatnya, pengertian pekerjaan IT adalah enabler atau aktivator bagi proses bisnis perusahaan. Lalu apa saja jenis pekerjaan IT yang paling dicari saat ini? Untuk lebih lengkapnya, yuk simak dibawah ini.

5 Jenis Pekerjaan IT yang Paling Dicari

1. IT Support

IT Support
Sumber foto : Glints.com

IT Support adalah jenis pekerjaan IT yang melayani berbagai kegiatan operasional di bidang IT, mulai dari DevOps Engineer hingga Helpdesk. Untuk menjalankan fungsi IT Support tersebut, ada beberapa kemampuan yang harus Anda miliki seperti memahami environment pengembangan aplikasi sistem operasi (operating system, OS), database admin ataupun system admin, memahami sistem administrasi di berbagai environment, memahami konsep CI/CD dan memahami penggunaan tools seperti Jenkins (untuk otomasi proses CI/CD), Kubernetes (untuk mengelola kontainer dalam suatu server cluster) dan lain sebagainya.

2. Programmer

Programmer
Sumber foto : Konsepkoding.com

Programmer bertanggung jawab dalam mengembangan aplikasi perusahaan melalui berbagai tools dan bahasa pemrograman untuk menghasilkan fitur yang dibutuhkan. Kemampuan yang harus dimiliki programmer antara lain, memiliki kemampuan algoritma dan logika yang baik, memahami berbagai bahasa pemrograman, seperti PHP, Phyton, Golang, dan C#, menguasai tools untuk pengembangan aplikasi sesuai bahasa pemrograman yang dipakai, selalu up-to-date dengan teknologi pemrograman terbaru.

3. Data Analyst

Data Analyst
Sumber foto : Thetastatistik.com

Tugas data analyst adalah melakukan analisis data untuk menghasilkan insight yang bermanfaat bagi perusahaan. Insight membantu stakeholder perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat bagi kebutuhan bisnis perusahaan. Ada beberapa kemampuan yang harus Anda miliki jika ingin menjadi Data Analyst dalam perusahaan seperti memahami bahasa pemrograman (coding), menguasai tools pengolah data seperti Google Data Studio, Tableau, dan Superset, mampu melakukan riset berkelanjutan terkait perkembangan tipe data dan teknologi pengolah data dan menguasai kemampuan komunikasi.

4. Data Scientist

Data Scientist
Sumber foto : Sekawanmedia.co.id

Beda dengan data analyst, data scientist bertugas memproses data dengan membuat pemodelan matematis. Kemampuan data scientist meliputi, memahami analisis statistika, matematika, dan komputer, memahami artificial intelligence dan machine learning, memahami teknik visualisasi data (data visualization) dan memahami konsep Big Data.

5. Blockchain Specialist & Blockchain Developer

Blockchain Specialist & Blockchain Developer
Sumber foto : Koinworks.com

Jenis pekerjaan IT ini mungkin jarang terdengar, namun sangat dibutuhkan di masa depan. Sebagai Blockchain Specialist & Blockchain Developer, Anda harus memahami teknologi Blockchain seperti mengidentifikasi stakeholder potensial untuk bekerja sama dalam adopsi platform berbasis blockchain, memiliki portfolio dalam pengembangan blockchain atau aplikasi smart contract menggunakan DSLs di bahasa pemrograman seperti Solidity, DAML dan lainnya, serta platform blockchain seperti Hyperledger, Corda, dan lainnya, mampu merancang skema komunikasi dan ekosistem platform digital-based, memiliki pengetahuan di bidang Enterprise Architecture, mampu membuat white paper dan presentasi yang menarik, memiliki kemampuan dokumentasi, problem-solving dan analisis yang baik.

Itulah beberapa pekerjaan IT yang paling dicari saat ini. Bagi Anda yang ingin bekerja di bidang IT, bergabung bersama BRITECH adalah pilihan yang tepat. BRITECH adalah pusat inovasi teknologi BRI dengan lebih dari 100 enginer bersertifikasi internasional. Selain gaji dan fasilitas, Anda bisa mendapatkan pengalaman bekerja dengan enginer handal lulusan kampus top dunia mulai dari stanford, MIT, Hardvard, Yale, Oxford, ITB, UI, IPB, UGM, ITS, Undip dan Binus. Anda juga bisa menggali jati diri pribadi Anda serta memberikan dampak yang luar biasa (impactful work) bagi masyarakat melalui Bank BRI untuk Indonesia. Tertarik mendalami teknologi? bergabunglah bersama BRITECH.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *