Cara Menghitung Siklus Masa Subur Wanita dengan Benar

2 min read

masa subur wanita

Untuk menentukan masa subur wanita dapat mengetahuinya melalui ciri-ciri yang muncul di dalam diri maupun menggunakan rumus penghitungan yang direkomendasikan oleh tenaga medis. Masa subur merupakan hal yang sangat dekat dengan kehidupan wanita.

Namun, tentang ciri-ciri serta waktu kedatangannya, tidak semua wanita memahami. Padahal, penting untuk dilakukan, agar wanita lebih aware dengan kondisi organ reproduksinya. Baik tentang kesehatan, kebersihan, maupun perencanaan kehamilan. Lantas, bagaimana cara mengetahui tanda-tanda serta menghitungnya?

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

masa subur wanita
Rumus untuk menghitung masa subur pada wanita

Perlu diketahui bahwa masa subur dapat diketahui berdasarkan siklus haid. Nah, agar lebih paham, berikut adalah rumus menghitung masa subur yang dapat dilakukan sendiri di rumah : 

1. Menggunakan Rumus Biasa

  1. Catat tanggal haid yang berlangsung selama 6 sampai 12 bulan terakhir, agar mendapatkan siklus yang akurat
  2. Setelah terdata semua dengan baik, maka tentukan awal datangnya masa subur dengan mengurangi 18 hari dari siklus haid paling singkat selama 6 bulan
  3. Selanjutnya, tentukan akhir dari masa subur dengan mengurangi 11 hari dari siklus haid paling panjang

Contoh :
Setelah melakukan pencatatan sekitar 6 bulan, didapatkan data bahwa siklus terpanjang adalah 28 hari, dan siklus terpendek adalah 26 hari. Maka penghitungannya 30 hari – 11 = 19 hari untuk akhir masa subur, dan 26 hari – 18 hari = 8 hari untuk awal masa subur. Sehingga masa subur wanita tersebut berlangsung pada hari ke-8 sampai hari ke-19.

Cara di atas dapat digunakan bagi mereka yang memiliki siklus haid yang tak menentu. Namun, jika memiliki siklus haid yang teratur, maka cara menghitungnya lebih mudah. Yakni berkisar antara hari ke-12 sampai ke-16, sebelum tiba masa haid bulan berikutnya.

2. Menggunakan Aplikasi

Seiring berkembangnya teknologi dan informasi, penghitungan masa subur juga dapat dilakukan menggunakan aplikasi. Siapa pun pasti dapat mengoperasikannya, karena sangat mudah dan jelas. Cukup dengan mengunduh di playstore secara gratis, lalu pilih aplikasi yang diinginkan. Ikuti panduan yang tertulis, maka hasil pun akan keluar dengan sendirinya.

Ciri-ciri Datangnya Masa Subur

Umumnya, untuk mengetahui masa subur, para tenaga kesehatan memiliki cara perhitungan sendiri yang berpatokan pada siklus haid. Meskipun begitu, wanita juga bisa memproduksinya sendiri dengan memperhatikan ciri-ciri masa subur yang muncul. Seperti :

1. Suhu Tubuh Meningkat

masa subur wanita
Salah satu tanda adanya masa subur adalah suhu tubuh yang cenderung meningkat

Saat masa subur datang, suhu basal pada tubuh wanita akan mengalami kenaikan sekitar 0,4 derajat Celcius. Hal ini akan kembali normal, setelah masa subur terlewati. Untuk mengetahuinya, ukurlah suhu tubuh sewaktu bangun tidur pada pagi hari. Catat setiap hari selama satu bulan penuh. 

2. Gairah Seks Meningkat

Saat masa subur datang, libido di dalam diri wanita akan mengalami peningkatan. Sehingga wanita akan lebih menginginkan untuk berdekatan dengan pria alias suaminya. Namun, hal ini juga tidak dapat dijadikan patokan utama. Sebab, peningkatan hasrat seks juga dapat dipengaruhi oleh hal lain, misal mood yang sedang baik.

3. Lebih Sensitif

masa subur wanita
Rasa nyeri pada panggul bisa menjadi tanda tibanya masa subur

Saat mengalami masa subur, hormon di dalam tubuh wanita akan semakin meningkat. Sadar atau tidak, hal ini juga mempengaruhi sensitivitas pada bagian tubuh lain. Seperti rasa nyeri di bagian payudara atau panggul. Begitu juga dengan serviks menjadi lebih mudah basah, terasa lembut, dan terbuka 

4. Cairan Serviks Berubah

Ciri masa subur wanita yang berikutnya adalah perubahan pada cairan serviks. Pada masa ini, cairan serviks akan berubah menjadi lebih bening dan lengket, seperti putih telur. Selain itu, jumlahnya juga lebih banyak daripada hari-hari biasa. Hal ini dikarenakan, tubuh sedang menyiapkan diri untuk menerima kedatangan sel sperma. 

Demikian pembahasan mengenai ciri-ciri serta cara untuk menentukan masa subur wanita. Untuk hasil yang lebih akurat, Anda dapat menggunakan aplikasi dari playstore. Pilih yang tidak hanya menyediakan kalkulator masa subur saja, tetapi juga artikel seputar kewanitaan dan kehamilan. Semoga bermanfaat dan jaga aset paling berharga bagi wanita. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *