Trik dan Cara Menggunakan VPN untuk Keamanan di Internet

1 min read

cara menggunakan vpn

Bagi orang awam, VPN mungkin belum begitu familiar. Padahal, teknologi ini sudah digunakan sejak lama, meskipun baru diterapkan sebatas melalui komputer atau laptop saja. Kini, seiring perkembangan zaman dan teknologi, layanan tersebut juga dapat dinikmati melalui handphone (hp), baru android maupun iphone. Pastikan untuk mengikuti panduan cara menggunakan VPN di hp android dengan urut dan benar, agar dapat menikmati berbagai macam fitur di internet dengan aman, rahasia, hingga irit kuota. 

Cara Mengkoneksikan HP Android ke VPN

Sebelum membahas lebih jauh, sebenarnya apakah fungsi dari VPN? VPN merupakan singkatan dari virtual private network, artinya pertukaran koneksi secara aman dan pribadi. Dengan memanfaatkan layanan ini, siapa pun dapat berselancar di dunia maya secara lebih rahasia. Hal ini dikarenakan VPN bekerja dengan memadukan teknologi enkripsi dengan tunneling, sehingga jauh lebih aman daripada koneksi internet yang biasa. 

Tak sampai disitu saja, cara ini juga memungkinkan seseorang dapat mengakses internet dari jarak yang cukup jauh. Gambaran mudahnya, fitur yang satu ini merupakan perantara antara pengguna dengan server. Sedangkan cara menggunakan VPN sebenarnya sama saja, baik melalui komputer maupun HP. Secara umum, penggunaan VPN pada android dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu

1. Mengkoneksikan Secara Manual

cara menggunakan vpn
Pengguna bisa memilih cara manual untuk menyambungkan VPN

Meskipun tergolong mudah, pengaturan VPN yang satu ini jarang digunakan. Karena tidak semua orang memahami cara yang harus dilakukan untuk setting layanan ini. Padahal, caranya terbilang mudah. Pengguna cukup mendaftarkan diri atau membuat akun VPN milik pihak ketiga terlebih dahulu.

Setelah itu, buka menu “wireless dan network” yang ada pada pengaturan jaringan. Lalu edit profil dengan mengisi kolom sesuai data yang ada pada akun VPN yang dimiliki. Ikuti langkah sampai selesai, dan beres.

2. Menggunakan Aplikasi Tanpa Root

cara menggunakan vpn
Mengkoneksikan VPN tanpa harus root

Jika tidak begitu paham dengan proses pendaftaran akun VPN, maka dapat mencoba cara menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini dapat diunduh melalui playstore dengan beragam pilihan, salah satunya yaitu turbo VPN. Cukup lakukan penginstalan, lalu ikuti petunjuk yang diminta. Keuntungan menggunakan cara ini adalah tingkat keamanan perangkat yang terjaga, karena tidak perlu melakukan root pada hp.

3. Menggunakan Aplikasi dengan Root

cara menggunakan vpn
Koneksi VPN dengan aplikasi dan harus melakukan root

Untuk menggunakan cara ini, maka hp harus diroot terlebih dahulu. Tujuannya agar pengguna dapat kuasa penuh terhadap hp yang dimiliki untuk memasang aplikasi. So, jangan tanyakan kenapa tidak terhubung ke VPN, jika hp belum melakukan proses ini. Perlu diketahui juga, jika melakukan root pada hp dapat menghilangkan masa garansi bawaan hp (garansi resmi). Jika pengguna tipe yang ceroboh, sebaiknya memikirkan ulang tentang cara ini. 

Bagi seorang gamer sejati, pilihan ketiga ini tentu sangat menggiurkan. Karena pada aplikasi VPN tertentu, pengguna dapat menikmati internet gratis, sehingga tidak perlu beli banyak kuota. Sebenarnya, gratis di sini bukan dari pihak VPN-nya, melainkan provider kartu yang tidak dapat mendeteksi aktifitas pengguna. Oleh karena itu, jangan heran jika banyak artikel yang mengulas tentang internet gratisan melalui VPN.

Demikianlah sedikit ulasan dan cara menggunakan VPN yang dapat dicoba. Jika tidak benar-benar menguasai tekniknya, lebih baik meminta tolong kepada orang lain. Dan satu hal lagi yang perlu diingat, bagaimanapun penggunaan VPN tidak berpengaruh terhadap kecepatan internet. Sebab, kondisi ini tergantung jaringan dari simcard yang digunakan oleh pengguna. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *