Cara Mengecek MCU Online Terbaru untuk Pelaut

1 min read

Cara Mengecek MCU Online Terbaru untuk Pelaut

Cara mengecek MCU online bagi pelaut akan sangat membantu terutama untuk memenuhi persyaratan bekerja sebagai pelaut. Dikutip dari karyapelaut, MCU atau Medical Check Up adalah salah satu persyaratan wajib yang harus dipenuhi oleh para pelaut agar memenuhi standar STCW 1978 Amandemen 2010 yang sudah berjalan. Sertifikat MCU digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan terbaru dari para pelaut, dikeluarkan oleh rumah sakit yang secara khusus ditunjuk oleh Kementrian Perhubungan.

Adapun penerbitan sertifikat MCU secara fisik umumnya memakan waktu hingga 1 minggu. Namun bila dalam kondisi tertentu seperti tuntutan dari perusahaan pelayaran yang ingin merekrut seorang pelaut sebagai crew untuk segera onboard, dan meminta bukti MCU, maka sebaiknya mengecek MCU online di website resmi BKKP.

Cara Cek Sertifikat MCU Pelaut Online

Cara Cek Sertifikat MCU Pelaut Online

Sebelum mendapatkan sertifikat, pelaut yang ingin melakukan Medical Check Up harus melalui beberapa tahapan pemeriksaan sebagai berikut:

  • Pelaut datang ke klinik BKKP untuk melakukan MCU.
  • Pihak administrasi meminta data pelaut secara lengkap, serta mengisi form MCU.
  • Scrining awal dilakukan oleh dokter didampingi perawat dengan melakukan test buta warna.
  • Pengambilan sample darah oleh analis laboratorium untuk pemeriksaan lab.
  • Perawat melakukan serangkaian pemeriksaan seperti pengukuran tinggi dan berat badan, pemeriksaan audiometri, mata serta EKG.
  • Pemeriksaan gigi oleh dokter gigi.
  • Dokter penguji melakukan anamnesa, pemeriksaan tekanan darah dan fisik pelaut, menetapkan hasil pemeriksaan (FIT/UNFIT), mengisi saran di buku saku serta mengusulkan pemeriksaan ulang atau memberi rujukan bila terdapat kelainan pada hasil pemeriksaan.
  • Pelaut melakukan pembayaran administrasi MCU.
  • Pelaut menerima hasil pemeriksaan serta bukti pembayaran administrasi MCU.

Pelaut yang telah melakukan MCU akan mendapatkan sertifikat fisik hasil pemeriksaan yang umumnya diterbitkan dalam kurun waktu 1 minggu. Namun bila pelaut ingin segera mengetahui status sertifikat MCU yang mereka miliki, bisa juga mengeceknya melalui website resmi BKKP. Berikut tata cara mengecek MCU online untuk pelaut.

  1. Buka website resmi BKKP Dephub dengan mengetik bkkp.dephub.go.id pada browser.
  2. Kemudian masukkan 10 digit kode pelaut yang dimiliki.
  3. Jangan lupa beri tanda centang di kolom captcha yang menunjukkan ‘saya bukan robot’.
  4. Kemudian klik ‘Cek Sertifikasi’.
  5. Tunggu beberapa saat, maka status sertifikat MCU pelaut akan keluar.

Selain melalui website, pelaut juga dapat mengecek MCU online melalui aplikasi Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) Mobile. Aplikasi dapat diunduh di playstore, dimana aplikasi ini memang disediakan khusus oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut DIRJENHUBLA untuk mempermudah urusan para pelaut. Di aplikasi mobile ini para pelaut tidak hanya dapat memeriksa status sertifikat MCU secara online tapi juga dapat digunakan sebagai tempat pendaftaran pembuatan sertifikat MCU.

Persyaratan Medical Check Up Pelaut

Persyaratan Medical Check Up Pelaut

Bagi para pelaut pemula, atau yang baru bekerja di kapal dan ingin melamar lowongan kerja pelaut, penting halnya mengetahui apa saja persyaratan medical check up pelaut. Sebelum mendaftarkan diri, pastikan menyiapkan beberapa dokumen wajib sebagai berikut:

  • Fotokopi sertifikat BST (1 lembar)
  • Fotokopi KTP (1 lembar)
  • Pas foto berwarna 3×4 (2 lembar)
  • Pas foto berwarna 4×6 (2 lembar)
  • Gunakan background warna biru untuk bagian Deck
  • Gunakan background warna merah untuk bagian Engine
  • Sediakan softcopy untuk setiap dokumen di atas, simpan dalam flash disk atau CD untuk persiapan.

Setelah semua dokumen telah siap. Pelaut dapat mendaftar MCU melalui apikasi BKKP Mobile atau dengan mendatangi langsung Balai Kesehatan Kerja Pelayaran untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Demikian cara mengecek MCU online terbaru bagi pelaut. Untuk mendapatkan informasi lengkap seputar dunia pelayaran, silahkan mengunjungi https://www.karyapelaut.com. semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *