7 Tips Memilih Hosting Murah untuk Blogger

2 min read

7 Tips Memilih Hosting Murah untuk Blogger

Anda adalah seorang blogger dan sedang mencari hosting? Kabar baiknya, Anda sedang berada di artikel yang tepat.

Bagi sebagian orang, memilih hosting merupakan hal yang cukup sulit dilakukan. Pasalnya Anda harus mengetahui hal-hal penting dan mendasar sebelum membeli sebuah hosting. Bukan hal aneh jika beberapa orang mencari hosting dengan kategori murah namun tetap memiliki kualitas yang baik. Nah, untuk Anda yang memiliki kriteria seperti itu, maka tips memilih hosting murah bisa jadi acuan bagi Anda ke depannya ketika akan membeli hosting.

Namun sebelumnya, perlu diingat bahwa hosting murah, semua masuk dalam kategori adalah shared hosting, di mana banyak situs berbagi sumber daya yang sama dari satu server. Oleh karena itu, jika tiba-tiba sebuah situs membuat server crash maka situs Anda juga akan crash sampai dukungan dipulihkan.

Tips Memilih Hosting Murah untuk Blogger

1. Pertimbangan Hardware Secara Umum

Pertimbangan Hardware Secara Umum
Sumber foto : Webhostingproviderlist.com

Perangkat keras atau hardware merupakan salah satu komponen yang bias menentukan apakah sebuah web hosting baik atau tidak. Anda perlu memahami jenis hardware yang dimiliki oleh perusahaan yang Anda targetkan. Secara khusus, hal yang harus diketahui terkait hardware ini adalah prosesor mana yang dipasang oleh server web penyedia hosting dan apakah disk-nya solid-state (lebih cepat dan lebih berkinerja) atau mekanis. Sebaiknya periksa juga apakah hard drive ada dalam RAID dan apakah setiap komponen server adalah generasi terbaru.

2. Besarnya Bandwidth

Besarnya Bandwidth
Sumber foto : Pengajar.co.id

Bandwidth menjadi hal penting selanjutnya yang perlu Anda perhatikan saat akan memilih hosting. Jangan hanya berpatokan pada harganya yang murah namun kualitasnya kurang baik. Dalam kasus ini, carilah layanan penyedia hosting dengan bandwidth yang sangat besar. Hal ini karena semakin lebar amplitudo, semakin rendah risiko situs harus menghadapi apa yang disebut dengan bottleneck, yaitu fenomena yang terjadi ketika arus traffic tidak dapat dikelola oleh jaringan.

3. Traffic Data

Traffic Data
Sumber foto : Helmirfansah.com

Traffic data adalah parameter penting lain yang bisa digunakan untuk memeriksa apakah hosting yang akan Anda beli adalah yang berbiaya rendah (low-cost). Anda juga harus memeriksa apakah ada batasan jumlah data yang dapat dibuat oleh situs dalam jangka waktu tertentu. Jika hosting yang dipilih memberlakukan batasan seperti itu maka jika melebihi batasan itu berarti penonaktifan atau dalam hal apapun terkait suatu permintaan bisa dikenakan biaya tambahan.

4. Redundansi, Infrastruktur, dan Keamanan

Redundansi, Infrastruktur, dan Keamanan
Sumber foto : Ugm.ac.id

Redundansi, infrastruktur, dan keamanan merupakan tiga landasan web hosting yang juga perlu dipertimbangkan. Ada baiknya layanan yang Anda andalkan tidak memiliki infrastruktur yang bergantung pada server independen. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko bahwa layanan tersebut menawarkan standar kehandalan yang lebih rendah dan tingkat keamanan yang lebih rendah. Anda juga harus memperhitungkan variabel penentu lainnya, salah satunya adalah kedekatan ke network hub terpenting serta firewall, keberadaan kontrol intrusi, dan sistem replikasi data.

5. Hosting yang Menyediakan CMS Seperti WordPress atau Joomla

Hosting yang Menyediakan CMS Seperti WordPress atau Joomla
Sumber foto : Themeisle.com

Jika Anda mencari hosting dengan harga murah, maka kemungkinan layanan hosting tersebut akan meminta Anda menginstal sendiri CMS yang paling sering digunakan dan terkenal, seperti WordPress dan Joomla. Oleh karena itu, tips satu ini merupakan solusi yang sangat baik terutama bagi mereka yang baru memulai blog dan tidak tahu cara menggunakan FTP untuk mentransfer data atau cara membuat database.

6. Layanan Email

Layanan Email
Sumber foto : Suara.com

Umumnya, layanan hosting akan menyediakan atau membuat satu atau lebih kotak email (email boxes) yang memang disediakan untuk pelanggan. Namun, karena Anda mencari hosting murah, maka ada baiknya untuk menanyakan hal ini kepada penyedia hosting terkait kapasitas secara keseluruhan. Selain itu, ada baiknya untuk selalu memeriksa apakah layanan dasar, seperti spam dan filter antivirus juga ditawarkan.

7. Layanan Bantuan

Layanan Bantuan
Sumber foto : Blog.wowrack.co.id

Setelah hal-hal di atas, jangan lupa untuk melakukan pengecekan terhadap layanan bantuan penyedia hosting yang Anda inginkan. Meskipun setiap hosting memiliki kelebihan dan kekurangan, namun Anda tidak boleh memilih layanan yang tidak menjamin customer support. Ketika Anda akan membeli hosting bahkan jika itu adalah hosting murah sekalipun, pastikan Anda mencari tahu apakah ada nomor yang bisa dihubungi apabila Anda menemui kesulitan di tengah jalan terkait hosting yang Anda beli.

Nah itulah tadi 7 tips yang bisa Anda perhatikan sebelum membeli hosting dengan harga murah. Jika Anda mencari layanan hosting murah namun tidak murahan, Jetorbit menyediakan layanan Web Hosting Murah Gratis Domain! Di layanan tersebut terdapat dua server, yakni Indonesia dan US. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan Anda. Dengan layanan dari Jetorbit, Anda juga bisa mendapatkan hosting gratis domain .com untuk kemudahan website Anda. Tidak hanya menyediakan layanan web hosting saja, namun ada juga layanan unlimited hosting yang sedang memberikan promo spesial untuk Anda yang mungkin sedang mencari layanan hosting untuk keperluan bisnis, pribadi, maupun organisasi.

Jetorbit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *